November 16 Article Ovarian Cyst What You Should Know Final Size-min

Kista Ovarium: Yang Harus Anda Ketahui

Kista ovarium adalah pertumbuhan yang terbentuk di ovarium, dua organ kecil di tahun-tahun reproduksinya. Beberapa jenis kista ovarium normal dan biasanya tidak berbahaya, sering hilang tanpa perawatan apa pun. Kista lain tidak normal dan dapat menyebabkan masalah.

Karena kista ovarium sering kali pertama ditemukan selama pemeriksaan panggul, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin oleh dokter anda. Ini sangat penting jika anda memiliki gejala kista ovarium, jika anda pernah mengalami kista ovarium abnormal, atau jika anda berusia di atas 40 tahun, risiko kanker ovarium lebih besar. Jika kista ovarium ditemukan lebih awal, banyak masalah yang disebabkan oleh mereka dapat dicegah.

Pamflet ini akan memberi anda beberapa informasi tentang kista ovarium – apa itu, apa yang menyebabkannya, gejala apa yang mereka hasilkan, dan bagaimana mereka dapat dirawat. Dokter anda dapat memberi anda detail lebih lanjut jika anda memiliki pertanyaan.

Tipe dan Penyebab Kista Ovary

Kista adalah kantung berisi cairan, mirip dengan lepuh. Beberapa jenis kista ovarium terbentuk sebagai hasil dari proses normal ovulasi – pelepasan telur dari ovarium setiap bulan. Kista yang abnormal sering terjadi sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron wanita, yang diproduksi di ovarium.

Kista Fungsional

Jenis kista ovarium yang paling umum disebut kista fungsional. Terbentuk seperti kista dan normalnya dihasilkan di ovari selama ovulasi berlangsung (lihat gambar). Jika struktur ini tidak melalui siklus normal dan akhirnya larut, kista fungsional biasanya tidak menimbulkan gejala atau tidak memerlukan perawatan. Biasanya mereka berhenti tumbuh, menyusut, dan menghilang dalam satu, atau paling banyak tiga siklus menstruasi. Kista ini umum terjadi pada wanita yang menstruasi, tetapi jarang pada wanita yang telah mencapai menopause, ketika periode menstruasi berakhir, karena tidak ada lagi telur yang diproduksi.

Tipe-tipe Kista

Kista fungsional adalah normal dan harus dipisahkan dari kista yang abnormal oleh dokter. Kista-kista lainnya, kista ovarium abnormal lainnya lebih cenderung menyebabkan masalah dan biasanya memerlukan perawatan:

• Dermoid: Pertumbuhan kista yang di isi dengan berbagai jenis jaringan, seperti jaringan kulit dan rambut.
  • Cystadenoma: kista yang berkembang dari sel di permukaan luar ovarium.
  • Endometrioma: Sebuah kista yang terbentuk ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim melekat pada ovarium, kondisi yang dikenal sebagai endometriosis; terkadang disebut kista endometrium atau kista cokelat (karena darah gelap, cokelat kemerahan di dalam kista).
  • Penyakit ovarium polikistik: Penumpukan kista folikel yang menyebabkan ovarium membesar dan membentuk lapisan luar yang tebal, mencegah terjadinya ovulasi.

Kista jenis ini biasanya jinak, atau non-kanker. Meskipun kista jinak dapat menyebabkan masalah atau gejala yang memerlukan pengobatan, biasanya mereka tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Beberapa kista, meskipun, mungkin berubah menjadi ganas, atau tumor kanker. Untuk alasan ini, Semua kista harus dievaluasi dengan seksama. Meskipun risiko kanker ovarium sangat kecil, akan lebih berhasil disembuhkan jika ditemukan dan diobati lebih awal. Kanker ovarium tidak terlalu umum pada wanita sebelum menopause. Wanita yang memiliki kista ovarium antara usia 50 dan 70 berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kanker ovarium. Hal ini sangat penting bahwa wanita selalu memiliki test panggul regular/teratur, sehingga jika kanker ditemukan dapat segera diobati.

Gejala

Meskipun sebagian besar kista ovarium tidak menimbulkan gejala apa pun, namun ketika gejala-gejala terjadi mungkin ada rasa sakit yang meningkat atau rasa tekanan atau rasa kepenuhan di perut. Kista ovarium dapat menyebabkan rasa sakit selama hubungan seksual atau di waktu lain. Rasa sakit parah kadang-kadang membutuhkan rawat inap. Nyeri atau tekanan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor:

• Kista berdarah atau pecah terbuka, mengiritasi jaringan di dalam perut
  • Ukuran besar dari kista.
  • Torsi (kista yang memutar), yang menghalangi aliran darah ke kista

Haid yang tertunda, tidak teratur, atau tidak biasa, yang menyakitkan, juga dapat menjadi gejala kista ovarium. Pembesaran atau pembengkakan pada perut bagian bawah adalah gejala lain yang mungkin terjadi, anda harus melaporkannya ke dokter anda.

Diagnosa

Kista ovarium sering pertama kali ditemukan selama pemeriksaan panggul yang dilakukan secara rutin, sebagai bagian dari perawatan kesehatan perempuan, atau untuk beberapa alasan lain yang tidak terkait. Melalui pemeriksaan panggul, kista dapat ditemukan sebelum menjadi begitu besar sehingga pecah atau mengalami siksaan, menyebabkan rasa sakit atau gejala lainnya. Jika dokter anda mendeteksi apa yang mungkin pertumbuhan ovarium abnormal selama pemeriksaan panggul, tes lain dapat dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

USG adalah tes di mana gelombang suara digunakan untuk membuat gambar organ internal. Sebuah perangkat elektronik dipindahkan ke perut atau ditempatkan di vagina, menciptakan gema yang kemudian berubah menjadi gambar yang dapat dilihat pada layar seperti TV. USG dapat digunakan untuk menentukan apakah ovarium membesar dan apakah pertumbuhan pada ovarium berbentuk padat atau di isi dengan cairan.

Laparoskopi adalah prosedur pembedahan yang memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam perut pada ovarium dan organ pelvis lainnya. Laparoskop, sebuah instrumen yang ramping seperti teleskop, dimasukkan ke dalam perut melalui sayatan kecil yang dibuat melalui atau tepat di bawah pusar. Menggunakan cahaya yang melekat pada instrumen ini, dokter melihat melalui Eyepiece (lobang intip) untuk memeriksa ovarium, rahim, dan tuba falopi. Dengan laparoskop, dokter terkadang dapat menghentikan pendarahan dari kista, menguji infeksi, mengalirkan cairan dari kista, atau mengambil sampel jaringan sehingga dapat diperiksa di laboratorium.

Pengobatan

Perawatan kista ovarium akan tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran dan jenis kista, usia wanita dan kondisi kesehatan secara keseluruhan, rencana untuk memiliki anak, dan apakah ia memiliki gejala. Jika kista ditemukan lebih awal, perawatan yang kurang luas mungkin diperlukan.

Jika seorang wanita muda memiliki kista kecil yang tidak menyebabkan gejala apa pun, seorang dokter mungkin memutuskan untuk menunggu dua atau tiga siklus menstruasi sebelum mengobatinya untuk melihat apakah kista itu hilang. Kebanyakan kista fungsional akan hilang tanpa perawatan apa pun setelah 1-3 bulan.

Dalam beberapa kasus dokter mungkin meresepkan hormon (seperti pil KB) untuk “mengecilkan” kista. Karena kontrasepsi oral mencegah ovulasi, kista fungsional sangat jarang terjadi pada wanita yang meminum pil KB. Meskipun pil KB tidak mencegah jenis lain dari kista jinak, namun hal itu menawarkan beberapa perlindungan terhadap tumor ganas, atau kanker, kista ovarium. Kemungkinan pembentukan kista baru juga menurun ketika kontrasepsi oral diambil, karena ovulasi dicegah.

Beberapa jenis kista ovarium tidak merespon dengan baik terhadap pengobatan dengan kontrasepsi oral (yang diminum). Dalam kasus ini, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat kista. Pembedahan mungkin diperlukan jika:

• Kista tidak hilang setelah beberapa periode menstruasi
  • Kista tidak hilang setelah perawatan dengan kontrasepsi oral
  • Kista sangat besar
  • Kista ditemukan pada wanita yang melewati masa menopause
  • Gejala, seperti nyeri hebat atau perdarahan, ternyata ditemukan
  • Kista menjadi bengkok (torsi)

Luas dan jenis operasi yang diperlukan akan tergantung pada beberapa faktor. Jika kista ditemukan lebih awal, kemungkinan pembedahan akan tidak luas/besar. Terkadang kista dapat diangkat sambil meninggalkan ovarium utuh. Dalam kasus lain, satu atau kedua ovarium mungkin harus diangkat. Masih dalam situasi lain, operasi yang lebih luas, seperti histerektomi (pengangkatan rahim), mungkin diperlukan.

Dokter anda akan memberitahu anda sebanyak mungkin informasi sebelum operasi akhirnya yang diusulkan. Sementara, tingkat operasi yang diperlukan tidak dapat diketahui sampai pada waktu aktual untuk operasi. Anda harus mendiskusikan hal ini dengan dokter anda.

Jika anda telah memiliki/menderita kista

Karena kista ovarium sering tidak menimbulkan gejala, penting untuk melakukan pemeriksaan panggul secara teratur jika anda pernah memiliki kista ovarium yang abnormal. Jika anda memiliki kista di masa lalu, kemungkinan besar anda akan mengembangkannya kembali. Jika kista ditemukan lebih awal, mereka cenderung lebih sedikit menyebabkan masalah serius:

• Rasa sakit yang parah dapat timbul dari kista yang terinfeksi, pecah, atau berdarah, atau dari torsi.
  • Jika ada, endometriosis dapat memburuk, membutuhkan pengangkatan satu atau kedua ovarium
  • Jika kista ternyata menjadi kanker, peluang untuk pengobatan yang berhasil sangat meningkat jika ditemukan pada tahap awal.

Jika anda memiliki kista ovarium di masa lalu, ikuti saran dokter anda dan terus lakukan pemeriksaan rutin yang mencakup pemeriksaan panggul, menjadikannya lebih penting untuk mendeteksi kista yang mungkin terasa tidak ada gejala tetapi yang mungkin lebih cenderung menjadi ganas.

Penutup

Kista ovarium sangat umum pada wanita selama tahun reproduksi mereka. Kebanyakan kista ditemukan pada saat ini berubah menjadi tidak begitu berbahaya. Meskipun demikian, dokter anda akan melacak pertumbuhan setiap kista untuk memastikan bahwa hal itu tidak bertahan atau menyebabkan gejala. Sebuah kista yang muncul mencurigakan mungkin harus dibuang/diambil dan dipelajari untuk mencari tahu apakah jenis pertumbuhan itu. Dalam beberapa kasus operasi mungkin diperlukan untuk meredakan/menghilangkan gejala.

Jika anda memiliki kista ovarium, anda mungkin memiliki banyak masalah. Membicarakan hal ini dengan dokter akan sangat membantu. Bersama-sama, anda dapat bekerja untuk mengurangi kemungkinan masalah lebih lanjut dan menjaga diri anda tetap sehat.